Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 9009 0901

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Berikut adalah Persyaratan ahli K3 konstruksi Kemnaker

Ahli K3 Konstruksi Kemnaker – Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan keahlian khusus dalam mengelola aspek K3 di lingkungan konstruksi.

Tugas utamanya adalah memastikan bahwa proyek konstruksi berjalan dengan aman, mengidentifikasi potensi risiko, dan menerapkan langkah-langkah preventif untuk melindungi pekerja, pengunjung, dan lingkungan sekitar. Adapun tanggung jawab sebagai ahli K3 konstruksi adalah sebagai beriku :

Tanggung Jawab Ahli K3 Konstruksi

  1. Penilaian Risiko

Penilaian risiko dimulai dengan identifikasi potensi bahaya yang dapat menyebabkan cedera, penyakit, atau kerugian. Di tempat kerja konstruksi, bahaya dapat berasal dari berbagai sumber, seperti peralatan berat, material bangunan, kondisi cuaca ekstrem, hingga prosedur kerja yang tidak tepat.

  • Perencanaan K3

Proyek konstruksi adalah arena di mana koordinasi yang baik, perencanaan yang cermat, dan eksekusi yang tepat diperlukan. Di tengah kompleksitas proyek tersebut, perencanaan K3 menjadi elemen kritis untuk memastikan bahwa seluruh tahapan dapat berjalan tanpa kecelakaan atau risiko yang tidak terkendali.

  • Pengawasan Pelaksanaan

Pengawasan pelaksanaan merupakan tahap kritis dalam memastikan bahwa setiap langkah keselamatan terintegrasi secara efektif dalam operasi sehari-hari. Ini adalah fondasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari kecelakaan.

  • Pelatihan dan Kesadaran

Pelatihan keselamatan adalah kunci untuk melindungi kehidupan dan kesejahteraan pekerja. Selain itu, meningkatkan kesadaran akan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, tetapi juga membangun budaya yang peduli terhadap keberlanjutan keselamatan.

  • Investigasi Insiden

Investigasi insiden adalah langkah kritis dalam menjaga keselamatan dan mencegah terjadinya kecelakaan yang serupa di masa mendatang. Dengan menyelidiki setiap insiden dengan cermat, perusahaan dapat mengidentifikasi akar penyebab dan mengembangkan langkah-langkah pencegahan yang efektif.

  • Kepatuhan hukum

Memastikan kepatuhan hukum terhadap regulasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah kunci utama untuk menciptakan lingkungan konstruksi yang aman dan sehat. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang peraturan yang berlaku dan implementasi tindakan yang memastikan kepatuhan tersebut.

  • Pemeliharaan Catatan

Pemeliharaan catatan K3 memainkan peran krusial dalam pengelolaan keselamatan dan kesehatan di lingkungan konstruksi. Ini mencakup pencatatan semua kejadian, insiden, dan tindakan pencegahan yang diambil, membentuk dasar data yang berharga untuk evaluasi dan perbaikan berkelanjutan.

Penting untuk dicatat bahwa Ahli K3 Konstruksi biasanya harus memiliki sertifikasi atau lisensi resmi sesuai dengan peraturan dan standar keselamatan kerja yang berlaku di negara atau wilayah tempat mereka beroperasi, di Indonesia sendiri terdapat 2 lisensi Ahli K3 secara resmi yakni Ahli K3 konstruksi Kemnaker dan Ahli K3 konstruksi BNSP.

Keberadaan Ahli K3 Konstruksi di proyek konstruksi membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman, mengurangi risiko cedera, dan memastikan kepatuhan terhadap norma keselamatan yang berlaku.

Persyaratan ahli K3 konstruksi Kemnaker

Untuk menjadi Ahli K3 Konstruksi Kemnaker, terdapat persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia. Berikut adalah persyaratan umum:

Pendidikan

Memiliki pendidikan minimal Diploma III (D3) atau setara dari bidang yang relevan dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

Pengalaman Kerja

Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang terkait keselamatan dan kesehatan kerja, atau minimal 2 tahun jika memiliki gelar sarjana (S1).

Sertifikasi K3:

Memiliki sertifikat keahlian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi yang diakui oleh Kemnaker.

Sehat Jasmani dan Rohani:

Menyertakan surat keterangan sehat dari dokter dan memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk menjalankan tugas sebagai Ahli K3.

Mengikuti Pelatihan Ahli K3:

Mengikuti pelatihan Ahli K3 yang diakui oleh Kemnaker dan lulus ujian yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi.

Memiliki Nomor Registrasi Ahli K3:

Memiliki nomor registrasi sebagai Ahli K3 yang dikeluarkan oleh Kemnaker.

Kemampuan Komunikasi:

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena peran Ahli K3 melibatkan koordinasi dengan berbagai pihak di lingkungan kerja.

Menyampaikan Laporan Tahunan:

Menyampaikan laporan tahunan pelaksanaan tugas K3 kepada Kemnaker.

Mengikuti Uji Kompetensi:

Bersedia mengikuti uji kompetensi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penting untuk dicatat bahwa persyaratan dapat mengalami perubahan sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Kemnaker. Oleh karena itu, calon Ahli K3 diharapkan untuk selalu mengacu pada regulasi terkini yang dikeluarkan oleh instansi terkait.

Perbedaan Ahli K3 Konstruksi Kemnaker dan BNSP

Perbedaan antara Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ahli K3) di bidang konstruksi yang diakui oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dapat dilihat dari segi pengakuan dan regulasi. Berikut adalah perbedaan utama:

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Sertifikasi SMK3 Sekarang

1 ) Pengakuan dan Otoritas:

  • Ahli K3 Konstruksi Kemnaker: Diakui oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia. Ahli K3 ini memiliki kewenangan khusus dalam pengawasan dan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di sektor konstruksi.
  • Ahli K3 BNSP: Diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang merupakan lembaga independen yang memberikan sertifikasi profesi di Indonesia. Ahli K3 BNSP memiliki pengakuan yang lebih umum di berbagai sektor.

2 ) Regulasi dan Sertifikasi:

  • Ahli K3 Konstruksi Kemnaker: Menyertakan persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Kemnaker, termasuk pendidikan, pengalaman kerja, dan sertifikasi K3 khusus untuk sektor konstruksi.
  • Ahli K3 BNSP: Mengacu pada regulasi dan standar yang dikeluarkan oleh BNSP. Persyaratan sertifikasi dapat lebih umum dan mencakup berbagai sektor.

3 ) Fokus Sektor:

  • Ahli K3 Konstruksi Kemnaker: Fokusnya khusus pada keselamatan dan kesehatan kerja di sektor konstruksi.
  • Ahli K3 BNSP: Dapat bekerja di berbagai sektor, tidak terbatas pada konstruksi.

4 ) Lembaga Sertifikasi:

  • Ahli K3 Konstruksi Kemnaker: Sertifikasi dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang diakui oleh Kemnaker.
  • Ahli K3 BNSP: Sertifikasi dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang diakui oleh BNSP.

5 ) Wilayah Kerja:

  • Ahli K3 Konstruksi Kemnaker: Fokus pada proyek-proyek konstruksi yang berada di bawah yurisdiksi Kemnaker.
  • Ahli K3 BNSP: Dapat bekerja di berbagai sektor di seluruh Indonesia.

Perbedaan ini mencerminkan spesialisasi dan fokus Ahli K3 Konstruksi Kemnaker pada sektor konstruksi, sementara Ahli K3 BNSP memiliki cakupan yang lebih umum di berbagai sektor pekerjaan. Pemilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan spesifikasinya di bidang pekerjaan yang bersangkutan.

Keberadaan Ahli K3 konstruksi bukan hanya sebagai persyaratan regulasi, tetapi juga merupakan investasi cerdas untuk memastikan bahwa proyek konstruksi berjalan lancar, aman, dan efisien.

Demikian adalah ulasan tentang persyartan ahli K3 Konstruksi Kemnaker, baik lisensi yang dikeluarkan oleh Kementriak Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), seorang ahli K3 memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam mencegah risiko kecelakaan apapun sejak dini di tempat kerja. Dengan adanya informasi ini rekan-rekan yang ingin mendapatkan sertifikasi dan lisensi Ahli K3 konstruksi atau ahli K3 di bidang lainnya dapat memiliki gambaran. Dan terkait informasi seperti jadwal dan pelatihan Ahli K3 konstruksi kemnaker rekan-rekan bisa mencari infonya dengan WhatsApp ke 0811 9009 0901

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

maximagroup.co.id webinar pra pelatihan ak3uKlik pada gambar untuk Pendaftaran Webinar

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp