Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

dampak dan bahaya akibat listrik

Tenaga Kerja Wajib Tahu! Dampak dan Bahaya Akibat Listrik

Bahaya Listrik di Lingkungan Kerja: Mengapa penting?

Mengapa penting untuk mengetahui tentang bahaya akibat listrik? Listrik memiliki potensi bahaya yang serius dan dapat menimbulkan cedera fisik, kerusakan properti, atau bahkan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Bahaya listrik bisa diidentifikasi dan dihindari risikonya untuk melindungi kesejahteraan pribadi dan kolektif, serta mencegah kecelakaan dan kerugian yang dapat terjadi di lingkungan kerja atau dalam kehidupan sehari-hari.

Penyebab dari Bahaya Listrik

Penyebab dari bahaya listrik dapat bervariasi. Contoh penyebab bahaya listrik bervariasi dari kabel rusak, kurang terawatnya peralatan, penggunaan perangkat dengan cara tidak aman, kurangnya pelatihan, beban listrik berlebihan, hingga tumpukan kabel berantakan. Maka dari itu, penting untuk membiasakan untuk mematuhi standar keselamatan dan prosedur keselamatan.

Ketahui juga langkah-langkah mengatasi kebakaran akibat korsleting listrik.

Contoh Bahaya Akibat Listrik di Lingkungan Kerja

Berikut beberapa contoh dampak dan bahaya akibat listrik di lingkungan kerja yang perlu diketahui dan dihindari oleh tenaga kerja.

Luka Bakar dan Cedera Fisik

Bahaya akibat listrik dapat mengakibatkan luka bakar serius pada kulit dan jaringan tubuh. Kontak langsung dengan kabel listrik yang terbuka atau alat listrik yang rusak dapat menyebabkan cedera fisik seperti luka bakar, kejang otot, atau bahkan kerusakan jantung.

Kebakaran dan Kerusakan Properti

Hubungan pendek listrik atau korsleting kabel listrik dapat menyebabkan kebakaran yang merusak bangunan, peralatan, dan aset perusahaan. Ini dapat berdampak pada kelangsungan bisnis dan bahkan nyawa jika tidak ditangani dengan baik.

Gangguan Peralatan Elektronik

Lonjakan listrik, pemadaman listrik, atau peralatan listrik yang rusak akibat gangguan listrik dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik yang mahal, seperti komputer, server, dan mesin produksi. Ini dapat mengganggu produktivitas dan menyebabkan kerugian finansial.

Kecelakaan Pekerjaan

Tenaga kerja yang tidak terlatih atau tidak memahami risiko listrik dapat menjadi korban kecelakaan kerja. Kabel listrik yang tidak terisolasi dengan baik atau peralatan yang rusak dapat menyebabkan kecelakaan seperti tersengat listrik atau cedera serius.

Gangguan Sistem Elektrik

Gangguan listrik seperti pemadaman atau lonjakan listrik dapat mengganggu operasi perusahaan, menyebabkan produksi terhenti, dan mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan.

Pengaruh Lingkungan

Penggunaan listrik yang berlebihan dan tidak efisien dapat berkontribusi pada dampak lingkungan. Produksi listrik yang tidak ramah lingkungan, seperti pembakaran bahan bakar fosil, dapat menyebabkan polusi udara dan perubahan iklim.

Ketidaknyamanan Kerja

Gangguan listrik yang sering atau pemadaman listrik yang terjadi di lingkungan kerja dapat menciptakan ketidaknyamanan dan ketidakpastian bagi tenaga kerja. Hal ini dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan psikologis karyawan.

Penting bagi tenaga kerja untuk selalu menjaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terkait listrik di lingkungan kerja. Pastikan mereka memahami tindakan pencegahan yang harus diambil, mengenali peralatan listrik yang aman, dan tahu bagaimana mengatasi situasi darurat terkait listrik. Kesadaran akan bahaya listrik ini sangat penting untuk melindungi kesejahteraan karyawan, mencegah kerugian perusahaan, dan menjaga lingkungan kerja yang aman.

Cari tau juga cara manajemen risiko dengan ISO 9001 disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp