Pelatihan Basic Electrical

Pelatihan Basic Electrical bertujuan untuk untuk menambah wawasan mengenai konsep dasar sistem kelistrikan. Pelatihan ini difokuskan pada pemahaman mengenai aspek pemanfaatan energi listrik, penggunaan peralatan-peralatan listrik serta aspek keselamatan dalam pemanfaatan sistem kelistrikan.

Memahami dan memanifestasikan dasar kelistrikan (Basic Electrical). Dalam dunia perindustrian tentunya tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan daya listrik sebagai salah satu sumber energi berjalannya sistem manufaktur didalamnya. Daya listrik dapat dihasilkanl dari utilitas atau generator internal yang kemudian didistribusikan melalui transformator untuk memberikan tingkat tegangan yang dapat digunakan.

Apa itu Listrik?

Listrik dalam bahasa inggris adalah Electric yang merupakan aliran elektron-elektron dari atom ke atom, aliran elektron yang dihasilkan dari proses kimia seperti gerakan magnet dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk mengetahui benda bersifat listrik maka kita bisa mengenalnya dengan gejala yang ditimbulkan dari benda tersebut.

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Listrik statis adalah tidak bisa dialirkan melalui rangkaian. Listrik statis terjadi akibat pergesekan dua jenis benda. Listrik dinamis adalah listrik yang dapat mengalir dihasilkan dari pembangkit listrik mengalir ke beban pengguna seperti untuk penerangan.

Tujuan Pelatihan Basic Electrical

Selain peserta mampu mengenal konsep dasar sistem kelistrikan, peserta yang mengikuti pelatihan Basic Electrical ini diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami hukum-hukum dasar kelistrikan (Basic Electrical).

  2. Memahami konfigurasi jaringan Tenaga Listrik dan pembangkitan tenaga listrik hingga pemanfaatannya.

  3. Melakukan perhitungan biaya penggunaan energi.

  4. Memahami prinsip kerja, instalasi danĀ  penggunaan mesin-mesin listrik.

  5. Memahami aspek-aspek keselamatan dalam sistem kelistrikan dan cara memproteksi peralatan listrik.

  6. Memahami cara memproteksi peralatan listrik.

Menu Pelatihan Basic Electrical Engineering

Berikut ini adalah menu pelatihan yang akan didalami selama pelatihan Basic Electrical Engineering

  1. Memahami ruang lingkup dan konsep dasar elektrikal

  2. Electrical Machines (AC-DC)

  3. Sistem perkabelan

  4. Impedance and voltage drop

  5. Power factor

  6. Motor installation

Sertifikasi Basic Electrical Engineering

Setiap peserta yang telah mengikuti pelatihan Basic Electrical dan dinyatakan lulus dalam ujian, akan diberikan sertifikasi yang dikeluarkan oleh PT Maxima Aksara Jaya Utama, sebagai tanda bahwa yang bersangkutan telah mengikuti pelatihan dan lulus dalam ujian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kelas Online


Klik pada gambar untuk mendaftar

This will close in 0 seconds