Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 9009 0901

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

maximagroup.co.id Apa itu PJK3 dan apa saja fungsi serta perannya dalam K3

Apa itu PJK3? dan apa saja fungsi serta peran PJK3 dalam K3

Pentingnya peran PJK3 dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan sangatlah besar. Untuk menerapkan K3, perusahaan dapat menggunakan layanan PJK3 atau Penyelenggara Jasa K3. Dengan memanfaatkan layanan ini, perusahaan dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Namun terlepas dari hal tersebut, tentunya bagi sebagian orang awam masih penasaran mengenai apa itu Penyelenggara Jasa K3, bukan? Oleh karena itulah, pada pembahasan kali ini akan kita ulas secara bersama – sama mengenai pengertian, fungsi dan peran pentingnya dalam K3. 

Informasi Tentang Pengertian, Fungsi dan Peran Penting PJK3 dalam K3

Penting untuk Anda ketahui, bahwa Penyelenggara Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja, merupakan sebuah lembaga yang memiliki peranan penting dalam menjaga K3 di Indonesia. Umumnya, lembaga ini memiliki banyak sekali tanggung jawab penting di dalamnya.

Yaitu mulai dari memberikan jasa konsultasi, pelatihan sumber daya manusia, sertifikasi, sampai dengan melakukan proses audit mengenai K3 bagi perusahaan / organisasi. Adapun dalam pelaksanaannya sendiri, lembaga ini turut menjalin kerja sama dengan pemerintah.

Serta mematuhi segala peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia, demi menunjang kelancaran proses pelaksanaannya. Di samping itu, Penyelenggara Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja juga turut memperoleh pengawasan langsung oleh pihak terkait.

Seperti halnya pihak Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi lewat Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial. Lebih lanjut, pihak lembaga ini juga memiliki fungsi dan peran khusus dalam pelaksanaan K3, di antaranya sebagai berikut.

Peran PJK3 Dapat Memberikan Konsultasi dan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bagi Perusahaan / Organisasi

Salah satu fungsi dan peranan penting Penyelenggara Jasa K3, yaitu memberikan sesi konsultasi dan pelatihan khusus mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Yang mana, hal ini biasanya diberikan kepada perusahaan ataupun organisasi tertentu yang ada di Indonesia.

Di dalamnya, Anda nantinya akan menemukan banyak sekali pelatihan khusus yang bisa diikuti oleh perusahaan / organisasi tersebut. Seperti halnya pelatihan K3, pelatihan kebakaran, pelatihan penggunaan alat – alat berat dan masih banyak lagi.

Melalui pelatihan yang diselenggarakan ini, maka perusahaan maupun organisasi nantinya bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tenaga kerja di dalamnya. Yang mana, hal tersebut berkaitan langsung dengan penerapan K3.  

Membantu Proses Audit Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berjalan Lancar

Selanjutnya, pihak Penyelenggara Jasa K3 juga memiliki fungsi dan peranan penting lain dalam membantu proses audit K3 di perusahaan / organisasi berjalan dengan lancar. Umumnya, ada tujuan khusus yang melatarbelakangi mengapa proses audit ini dilakukan.

Apalagi kalau bukan untuk melakukan proses evaluasi dan memastikan bahwa perusahaan ataupun organisasi sudah memenuhi standari K3 yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, adanya audit ini juga dapat meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan kerja di dalamnya.

Bahkan jika terdapat penerapan sistem K3 yang kurang baik sebelumnya, maka nantinya bisa dilakukan perbaikan sesegera mungkin.

Membantu Proses Audit Keselamatan dan Kesehatan Kerja Berjalan Lancar

Adapun fungsi dan peranan terakhir dari Penyelenggara Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yaitu memberikan sertifikasi khusus bagi perusahaan / organisasi. Pemberian sertifikasi biasanya dapat diberikan apabila pihak terkait sudah memenuhi persyaratan yang berlaku.

Pada dasarnya, sertifikasi K3 sendiri diklaim dapat menunjukkan bahwa perusahaan / organisasi memang dikatakan sudah memenuhi persyaratan K3 yang diperlukan. Dengan adanya sertifikasi khusus ini, maka akan banyak memberikan keuntungan tersendiri bagi pihak berkepentingan.

Jadi, itulah setidaknya informasi penting untuk Anda pahami seputar pengertian, fungsi dan peran penting PJK3 dalam penerapan K3 di perusahaan ataupun organisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp