Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

maximagroup.co.id Ini cara mengecek keaslian sertifikat AK3 Umum

Perhatikan! Ini cara mengecek keaslian sertifikat AK3 Umum

Mungkin bagi sebagian orang tidak memahami apa sertifikat AK3 umum. Biasanya untuk sertifikat seperti ini dimiliki oleh beberapa perusahaan. Maupun penyedia layanan, yang harus memperhatikan keselamatan kerja secara optimal untuk karyawan mereka.

Namun terkadang ada saja sertifikat k3 yang palsu. Maka perlu memahami bagaimana cara untuk membedakannya.

Tips Mengetahui Sertifikat AK3 Umum Palsu

Jika Anda tengah membuka lowongan pekerjaan, tentu perlu juga mengecek keaslian dari sertifikat yang diajukan oleh pelamar. Maka Anda bisa menggunakan trik ini guna mencegah pemalsuan.

Mengetes Pemegang Sertifikat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan pengetesan kepada pemegang sertifikat tersebut. Idealnya sebelum sertifikat itu diberikan perlu melakukan ragam langkah pelatihan dan dinyatakan lulus.

Pelatihan tersebut tentu diberikan oleh perusahaan jasa AK3 lalu divalidasi oleh Kemenker RI. Seseorang yang memegang sertifikat palsu pasti tidak pernah mengikuti program pelatihan. Tentu ia tidak bisa mengetahui hal-hal secara teknis yang masih berkaitan dengan materi AK3.

Mengetes Pemegang Sertifikat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan pengetesan kepada pemegang sertifikat tersebut. Idealnya sebelum sertifikat itu diberikan perlu melakukan ragam langkah pelatihan dan dinyatakan lulus.

Pelatihan tersebut tentu diberikan oleh perusahaan jasa AK3 lalu divalidasi oleh Kemnaker RI. Seseorang yang memegang sertifikat palsu pasti tidak pernah mengikuti program pelatihan. Tentu ia tidak bisa mengetahui hal-hal secara teknis yang masih berkaitan dengan materi AK3.

Melakukan Perbandingan Dengan Yang Asli

Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa mengambil sertifikat yang Anda ketahui asli. Karena dalam perusahaan itu biasanya sertifikat AK3 akan dipegang oleh HRD. Jadi bisa digunakan untuk melakukan perbandingan jika meragui keasliannya.

Mengenai poin-poin yang perlu dicek saat melakukan perbandingan yaitu jenis kertas yang digunakan. Setelah itu perhatikan kalimat-kalimat yang digunakan perbedaan dari warna.

Mengecek Nomor Registrasinya

Pada pojok bagian kanan sertifikat sebetulnya terdapat nomor registrasi yang sudah dicantumkan oleh masing-masing sertifikat yang diberikan. Namun apakah Anda tahu jika masing-masing pelatihan K3 itu punya kode unik.

Maka dari itu Anda sebagai penerima karyawan baru harus mengetahui kode-kode unik tentang nomor registrasi sertifikat ketiga asli. Contohnya seperti AK/U yang artinya merupakan ahli k3 umum. Kemudian ada A-SMK3 yaitu merupakan auditor SMK3 dan lain sebagainya.

Cek Terjemahan Bahasa Inggris

Mengenai sertifikat ini pasti akan memiliki terjemahan bahasa Inggris yang sudah tercantum tepat bagian bawah bahasa Indonesia. Jika asli maka terjemahan yang digunakan itu sesuai dengan bahasa Indonesia yang sudah digunakan.

Karena pada sertifikat palsu biasanya pernah ditemukan jika ada tulisan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia namun diterjemahkan menjadi bahasa Inggris.

Yaitu Industri of Manpower of The Republic of Indonesia. Sedangkan untuk bahasa Inggris yang asli adalah Ministry of Manpower of The Republic of Indonesia.

Melihat Isi Sertifikat AK3 Umum

Seluruh isi dalam sertifikat memang betul-betul harus diteliti dengan baik. Anda dapat melakukan antisipasi tindakan pemalsuan dari kata-kata yang cukup aneh. Karena pernah terdapat satu kasus sertifikat untuk ruang terbatas yang mana disebutkan referensi.

Sedangkan pada peraturan tersebut sebetulnya mengatur tentang pesawat alat angkut dan tidak berkaitan tentang ruang terbatas.

Lihat Detail Belakang Sertifikat

Anda juga bisa memeriksakan bagian belakang, karena sertifikat asli itu akan mencantumkan jam kerja guna memperoleh keahlian AK3 tersebut. Sedangkan untuk sertifikat palsu biasanya hanya akan berfokus pada bagian depan saja.

Lalu untuk sertifikat yang palsu sama sekali tidak panjangkan keahlian tertentu yang sudah dicapai oleh pemilik sertifikat tersebut. Hal ini tentu patut dicurigai.

Itulah penjelasan lengkap tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mengecek apakah sertifikat AK3 umum betul-betul asli. Sebagai seorang ahli,  juga harus lebih teliti agar tidak ditipu oleh para pelamar yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker PopupKlik gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp