Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 9009 0901

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Kompetensi Ahli K3

Meningkatkan Kualitas AK3 Melalui Kompetensi

Meningkatkan kompetensi Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja menjadi target strategis Kemnaker, sesuai yang dituturkan oleh Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang. Target ini diupayakan untuk diperoleh secara nyata melalui acara dan pelatihan yang diadakan oleh kemnaker. Peningkatan Kompetensi Ahli K3, acara daring yang digelar pada Juli 2023 lalu, ditujukan sesuai dengan judulnya, yaitu meningkatkan kompetensi Ahli K3.

Ahli K3 sebagai Peran yang Dibutuhkan di Lingkungan Kerja

Haiyani Rumondang juga menekankan berkali-kali terkait dengan peran-peran Ahli K3 yang sangat dibutuhkan di lingkungan kerja. Meningkatkan kompetensi K3 perlu dilaksanakan karena mereka berperan sebagai pencegah potensi kecelakaan kerja, sarana edukasi dan komunikasi, sehingga implementasi K3 di lingkungan kerja terlaksanakan dengan baik.

Selain mengimplementasikan K3 di lingkungan kerja, Ahli K3 juga perlu membantu mengawal pemenuhan syarat-syarat K3 di lingkungan kerja agar keselamatan kerja berjalan dengan baik. Mereka juga perlu berinovasi, dan mencari cara-cara yang lebih updated untuk mengimplementasikan K3. Atas hal ini pula, Haiyani Rumondang mendukung agar sikap-sikap ini bisa terus dilaksanakan dan menyampaikan apresiasinya.

Kompetensi Ahli K3 untuk Ahli yang Lebih Berkualitas

Upaya meningkatkan kualitas tentunya membutuhkan beberapa syarat yang konkret, seperti keahlian dan kompetensi. Berikut adalah beberapa kompetensi yang perlu dimiliki agar menjadi Ahli K3 yang berkualitas.

Pengetahuan Teknis

Sebagai Ahli K3, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang keselamatan kerja dan regulasi terkait.

Kemampuan Analisis Risiko

Anda perlu mengidentifikasi bahaya dan mengevaluasi risiko, terutama di lingkungan kerja yang memiliki potensi bahaya tinggi sebagai Ahli K3.

Kemampuan Komunikasi

Anda perlu bisa berkomunikasi secara efisien dengan orang-orang dengan latar belakang berbeda dalam organisasi anda.

Kemampuan Edukasi dan Pelatihan

Seorang Ahli K3 diandalkan untuk memberi edukasi mengenai praktik keselamatan kepada karyawan lain.

Keterampilan Manajemen

Merencanakan dan mengelola program keselamatan kerja menjadi salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Keterampilan Investigasi dan Pemecahan Masalah

Ahli K3 diandalkan untuk mencegah potensi bahaya maupun kecelakaan di masa depan.

Meningkatnya kompetensi AK3 tentu akan membantu peningkatan kualitas mereka pula. Hal ini bisa mendorong agar lebih banyak lingkungan kerja yang aware akan keselamatan kerja dan berpotensi menurunkan angka kecelakaan kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

maximagroup.co.id webinar pra pelatihan ak3uKlik pada gambar untuk Pendaftaran Webinar

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp