Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

cara kuliah jurusan k3

Mau Kuliah Jurusan K3? Begini Caranya!

Program studi atau jurusan kuliah K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) untuk S1 baru saja dibuka tahun ini di Universitas Diponegoro. Jurusan ini dibawahi oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat dan bertujuan untuk menghasilkan lulusan untuk kebutuhan tenaga K3 yang selalu dibutuhkan.

Prospek Kerja yang Terkait

Bidang K3 adalah bidang yang diterapkan di berbagai jenis tempat mengingat keamanan kerja bisa diwujudkan jika semua orang turut andil di dalamnya. Tenaga K3 tidak pernah berhenti dibutuhkan di banyak industri untuk membantu mewujudkan budaya keselamatan yang baik. Berdasarkan kutipan Dr. Budiyono, SKM., M.Kes., dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, jurusan kuliah K3 nantinya akan sangat dibutuhkan untuk sektor-sektor seperti:

  1. Bisnis
  2. Industri
  3. Jasa
  4. Pertambangan
  5. Pemerintahan

baca juga: Hal yang diperlukan untuk menjadi Praktisi K3 yang Efektif

Alasan Dibukanya Jurusan K3, Menurut Dekan

Karena jurusan ini masih terbilang baru dibuka, dekan fakultas kesehatan masyarakat di Universitas Diponegoro menyatakan alasan mengapa jurusan ini diadakan. Terdapat banyak jenis risiko yang ada di lingkungan kerja, terutama di beberapa sektor industri yang berada di lingkungan dengan kondisi yang perlu diwaspadai. Lingkungan yang aman dan sehat perlu diciptakan, namun terlebih dahulu harus mengedukasi dan mendidik calon-calon tenaga k3 tersebut. Sebagaimana dikutip dari dekan fakultas kesehatan masyarakat, mahasiswa akan dididik untuk menghadapi untuk pengendalian faktor faktor bahaya di lingkungan kerja, seperti:

  1. Bahaya fisik (contoh: kecelakaan mesin atau perangkat)
  2. Bahaya kimia (contoh: paparan bahan kimia yang berbahaya)
  3. Bahaya biologi (contoh: bahaya penyakit menular)
  4. Faktor-faktor psikososial lainnya (contoh: stres kerja)

Cara Daftar Kuliah Jurusan K3

Untuk bisa berkuliah di jurusan K3 ini, tentunya ada serangkaian pendaftaran . Tidak terkecuali untuk program studi yang masih baru dibuka ini. Jurusan kuliah K3 ini membuka pendaftarannya melalui program ujian mandiri pada Mei-Juni 2023 lalu, dan mengumumkan kelulusan mahasiswa baru pada Juli 2023 lalu. Jika Anda berharap untuk berkuliah di jurusan K3 ini, Anda bisa menunggu informasi baru pada pengumuman penerimaan mahasiswa baru di waktu yang mendatang di website universitas terkait.

baca juga: Menerapkan Prosedur K3 dan Manfaatnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp