Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

tinjauan manajemen dalam sistem manajemen mutu

Tinjauan Manajemen dalam Sistem Manajemen Mutu

Tinjauan manajemen menjadi salah satu komponen yang memiliki peran utama dalam sistem manajemen mutu (Quality Management System atau QMS). Bagi banyak organisasi, upaya mereka untuk menjaga mutu produk maupun layanan, QMS menjadi salah satu landasan utama mereka. Proses ini menjadi salah satu proses yang berkelanjutan untuk mendukung kesuksesan jangka panjang organisasi.

Mengapa Tinjauan Manajemen Penting?

Tinjauan manajemen adalah proses yang dilakukan oleh pimpinan atau upper management organisasi. Tujuannya adalah untuk mengawasi, mengevaluasi, dan memperbaiki efektivitas sistem manajemen mutu. Tinjauan ini melibatkan empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan, dan tindakan. Mari kita bahas masing-masing tahap ini lebih detail:

1. Perencanaan (Plan)

Pada tahap perencanaan, manajemen merencanakan agenda dan tujuan untuk tinjauan manajemen. Ini mencakup pemahaman yang mendalam tentang tujuan organisasi, kebijakan mutu, serta sasaran mutu yang telah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan yang matang adalah landasan yang kuat untuk menjalankan tinjauan manajemen yang efektif.

2. Pelaksanaan (Do)

Tahap pelaksanaan adalah saat-saat di mana peninjauan manajemen sebenarnya dilakukan. Upper management berkumpul untuk membahas isu-isu yang relevan dengan sistem manajemen mutu. Ini bisa meliputi hasil audit, kinerja mutu, masalah pelanggan, perubahan dalam kebijakan atau prosedur, serta pemenuhan sasaran mutu. Komunikasi yang terbuka dan dokumentasi yang akurat adalah kunci dalam tahap ini.

Cari tau juga cara manajemen risiko dalam ISO 9001!

3. Pemeriksaan (Check)

Pada tahap ini, manajemen mengevaluasi data dan informasi yang diberikan dalam tinjauan manajemen. Contohnya: analisis kinerja mutu saat ini, pengukuran pencapaian sasaran mutu, serta penilaian risiko dan peluang yang dapat memengaruhi sistem manajemen mutu. Hasil dari tahap ini digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan.

4. Tindakan (Act)

Tahap tindakan adalah saat keputusan diambil berdasarkan hasil dari tinjauan manajemen. Jika ada ketidaksesuaian atau masalah yang ditemukan, tindakan perbaikan harus direncanakan dan dilaksanakan. Proses ini mencakup penentuan tanggung jawab, jadwal pelaksanaan, dan alokasi sumber daya yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah tersebut. Selain itu, tindakan pencegahan juga dipertimbangkan untuk mencegah terulangnya masalah di masa depan.

Proses ini bukan sekadar formalitas dan memungkinkan organisasi untuk secara aktif mengelola dan meningkatkan mutu produk, layanan, atau proses mereka. Ini juga merupakan persyaratan utama dalam standar internasional seperti ISO 9001, yang membantu organisasi mencapai keunggulan mutu dan kepuasan pelanggan.

Tertarik topik lain? Yuk lihat cara jadi auditor standar global!

1 thought on “Tinjauan Manajemen dalam Sistem Manajemen Mutu”

  1. Pingback: Peluang Kerja sebagai Pekerja Berketerampilan Khusus - Maxima

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker PopupKlik gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp