Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Arti Warna Pada Helm Safety Proyek

Arti warna helm safety – Para tenaga kerja di lingkungan proyek atau konstruksi memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Kecelakaan bisa saja terjadi secara tiba-tiba dengan cara yang tidak diinginkan, maka dari demikian setiap pekerja wajib menggunakan perlengkapan APD (alat pelindung diri), mulai dari sepatu, pelindung badan, sarung tangan, masker dan yang paling utama tentunya pelindung kepala (safety helm).

Safety helm sendiri yang biasa kita lihat memiliki warna yang berbeda-beda do proyek, mulai dari merah, biru, putih dan lainnya. Namun pemberian warna pada helm safety proyek bukan tanpa alasan, dan harus digunakan dengan tepat karena memiliki ketentuan dan fungsi sendiri.

Warna pada helm safety proyek memiliki arti masing-masing, seperti pengunjung, pekerja baru (freshgraduate), supervisor dan lainnya. Dan berikut adalah arti warna helm safety yang perlu kita ketahui.

Arti Warna Helm Safety Proyek

Warna Helm Safety Putih

Warna putih pada helm safey biasanya digunakan oleh pengawas, supervisor, manajer, pimpinan atau mandor proyek. Helm warna putih digunakan oleh orang yang memiliki kepentingan tinggi pada proyek.

Warna Helm Safety Kuning

Warna kuning pada helm safety digunakan oleh pekerja umum (general worker) atau operator. Pengguna helm kuning biasanya dalam proyek jumlahnya banyak, dan bisa kita lihat dipakai oleh pekerja yang mengendarai atau mengoperasikan alat atau kendaraan berat.

Alasan mengapa pekerja umum menggunakan helm safety warna kuning karena warnanya yang cerah, sehingga mudah dilihat.

Warna Helm Safety Hijau

Warna Hijau pada helm safety digunakan oleh pengawas keamanan area/lingkungan proyek atau konstruksi, atau pada praktiknya juga bisa digunakan untuk pekerja baru. Helm warna hijau menandakan satuan keamanan yang digunakan oleh petugas.

Baca Juga : Tugas Pokok Unit Penanggulangan Kebakaran

Warna Helm Safety Biru

Warna biru pada helm safety digunakan oleh pekerja bagian pengelolaan layu, bagian kelistrikan, dan konsultant teknik.

Warna Helm Safety Coklat

Warna coklat pada helm safety digunakan oleh tenaga kerja yang mengoperasikan alat penghasil panas, seperti pengelas, dan lainnya.

Warna Helm Safety Oranye

Warna oranye pada helm safety biasa dikenakan oleh tamu atau pengunjung ke area konstruksi. Namun di beberapa negara warna oranye biasa digunakan operator alat berat, sedangkan tamunya menggunakan helm berwarna abu-abu.

Warna Helm Safety Merah

Warna merah pada helm safety dikenakan oleh pekerja penanggulangan kebakaran, atau ahli K3 kebakaran.

Warna Helm Safety Merah Muda (Pink)

Warna merah muda atau pink biasanya digunakan oleh pengembang, bisa juga tamu, dan juga para pekerja magang.

Demikian adalah arti warna helm safety proyek yang perlu kita ketahui, penggunaan helm pada situs konstruksi tidaklah sembarangan. Masing-masing memiliki arti, makna, dan fungsi yang bertujuan untuk lebih mudah dikenali dan dibedakan.

2 thoughts on “Arti Warna Pada Helm Safety Proyek”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker PopupKlik gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp