Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Pelatihan ketinggian kemnaker

Pelatihan Ketinggian Kemnaker

Pelatihan ketinggian adalah salah satu jenis pelatihan yang ditawarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) untuk mempersiapkan tenaga kerja yang akan bekerja di ketinggian atau di tempat-tempat yang memiliki risiko tinggi.

Pelatihan ketinggian bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kesehatan kerja para tenaga kerja yang bekerja di lingkungan yang memiliki risiko tinggi seperti gedung pencakar langit, menara pemancar, dan kabel-kabel listrik di atas tanah.

Pelatihan ketinggian di Kemnaker terdiri dari beberapa jenis pelatihan seperti:

1. Pelatihan Penanggulangan Bahaya Ketinggian (PPBK)

Pelatihan Penanggulangan Bahaya Ketinggian (PPBK)

Pelatihan Penanggulangan Bahaya Ketinggian (PPBK) adalah salah satu jenis pelatihan yang ditawarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker) untuk mempersiapkan tenaga kerja yang akan bekerja di ketinggian atau di tempat-tempat yang memiliki risiko tinggi.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tenaga kerja tentang keselamatan kerja di lingkungan yang memiliki risiko tinggi seperti gedung pencakar langit, menara pemancar, dan kabel-kabel listrik di atas tanah.

Pelatihan PPBK ini sangat penting karena kecelakaan kerja yang terjadi di lingkungan ketinggian dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian. Oleh karena itu, para tenaga kerja yang akan bekerja di lingkungan yang memiliki risiko tinggi harus memahami risiko yang ada dan mengetahui cara untuk mencegah kecelakaan serta mengurangi risiko kecelakaan yang terjadi.

  1. Pelatihan PPBK sendiri terdiri dari beberapa modul pelatihan, seperti:
  2. Pengenalan Keselamatan Kerja di Ketinggian.
  3. Penanganan Darurat di Lingkungan Ketinggian.
  4. Praktik Penggunaan Alat Keselamatan.
  5. Uji Kompetensi

2. Pelatihan Rescue Ketinggian

Pelatihan Rescue Ketinggian

Pelatihan Rescue Ketinggian adalah salah satu jenis pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penyelamatan atau evakuasi pada kasus kecelakaan kerja di tempat-tempat yang memiliki risiko tinggi, seperti di gedung tinggi, menara telekomunikasi, atau pembangkit listrik.

Pelatihan ini sangat penting karena kecelakaan kerja di lingkungan ketinggian dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian, sehingga perlu adanya tim rescue yang terlatih dan kompeten untuk menangani situasi darurat tersebut.

Pelatihan Rescue Ketinggian mempersiapkan para peserta untuk menghadapi situasi darurat yang berhubungan dengan keselamatan di lingkungan ketinggian. Pelatihan ini biasanya terdiri dari beberapa modul, seperti:

  1. Pengetahuan Keselamatan Ketinggian.
  2. Penanganan Darurat dan Pertolongan Pertama.
  3. Penggunaan Alat Pelindung Diri.
  4. Evakuasi Korban.
  5. Simulasi dan Uji Kompetensi.

3. Pelatihan Operator Crane dan Alat Berat

Pelatihan Operator Crane dan Alat Berat

Pelatihan Operator Crane dan Alat Berat adalah pelatihan keterampilan kerja yang diperuntukkan bagi para pekerja di industri konstruksi dan pertambangan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoperasikan crane dan alat berat dengan aman dan efektif.

Pelatihan ini sangat penting karena operator crane dan alat berat bertanggung jawab untuk mengoperasikan mesin yang sangat besar dan berbahaya, yang dapat menyebabkan cedera dan kerusakan pada properti jika tidak dioperasikan dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi operator untuk menerima pelatihan yang memadai sebelum mengoperasikan mesin tersebut.

Pelatihan Operator Crane dan Alat Berat biasanya terdiri dari beberapa modul, seperti:

  1. Pengetahuan Alat Berat
  2. Keselamatan di Tempat Kerja
  3. Operasi Alat Berat
  4. Simulasi dan Uji Kompetensi

Pelatihan Operator Crane dan Alat Berat sangat penting bagi operator dan perusahaan yang beroperasi di industri konstruksi dan pertambangan. Para peserta pelatihan akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoperasikan alat berat dengan aman dan efektif, mengurangi risiko kecelakaan kerja, dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Dengan begitu, pelatihan ini dapat membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Dalam kesimpulannya, Pelatihan Penanggulangan Bahaya Ketinggian (PPBK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) adalah suatu inisiatif yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja di ketinggian, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menangani situasi darurat dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker PopupKlik gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp