Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 9009 0901

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Penting! Cek Hal Berikut Sebelum Bekerja Pada Ketinggian

Anda pekerja pada ketinggian? Berikut adalah hal-hal yang perlu diperiksa sebelum memulai bekerja. Setidaknya ada 7 hal yang perlu diperiksa sebelum Anda memulai kegiatan, mengingat keselamatan bekerja adalah hal yang paling diutamakan.

Mengingat besarnya risiko pekerja pada ketinggian seperti pemanjat tower, pemanjat gedung tinggi, ketinggian pada situs konstruksi dan lainnya sangatlah besar. Tidak heran banyak yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan.

Oleh karenanya protokol keselamatan K3 ketinggian harus diterapkan dengan baik, mulai dari general check untuk perangkat keamanan sampai pengecekan dokumen, dan berikut adalah 7 hal wajib yang perlu diperiksa oleh tenaga kerja ketinggian.

7 Hal yang perlu di cek untuk tenaga kerja pada ketinggian

1 ) Kesehatan fisik

Pastikan kondisi dalam keadaan sehat dan prima, tidak dalam kondisi sakit ataupun sedang memiliki luka atau cidera, karena dapat menganggu performa ketika sedang bekerja. Kondisi prima tenaga kerja adalah kunci keberhasilan dalam penerapan K3 ketinggian, oleh karenanya pekerja perlu memeriksa dan mengetahui kondisi kesehatannya dengan baik.

2 ) Memiliki Job Safety Analysis (JSA)

Analisa keselamatan kerja atau Job safety analysis adalah pemeriksaan untuk sistematis pekerjaan yang bertujuan untuk melakukan penilaian risiko, identifikasi potensi bahaya, dan mengevaluasi langkah-langkah yang telah dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan risiko. Berikut adalah cara pembuatan Job Safety Analysis (JSA).

3 ) Telah Menggunakan APD dengan lengkap

Alat Pelindung Diri adalah perangkat pelindung yang menempel pada tubuh pekerja, mulai dari alat pelindung kepala, tubuh, kaki, dan alat-alat pengait. Pastikan semua sudah terpakai dan terpasang dengan benar. Sangat disarankan pengecekan APD sebelum bekerja dibantu oleh atasan atau rekan kerja.

4 ) Pastikan Sabuk dan Harness Telah Terpasang Dengan Benar

Setelah selesai pada pemeriksaan APD pekerja juga perlu memastikan harness dan sabuk pengaman telah terpasang dengan benar. Harness adalah inang dari perangkat pengait untuk sistem keamanan jatuh dari ketinggian.

5 ) Merapikan perangkat kerja yang akan digunakan

Mengorganisir atau merapikan peralatan kerja yang dibutuhkan juga tidak kalah penting, ini menjadi persiapan penting bagi para tenaga kerja ketinggian, karena berisiko tinggi pekerja diharuskan bertindak efisien, tepat, dan tentunya mengutamakan keamanan.

6 ) Membuat Pagar Keamanan Jika Ada Lubang Terbuka

Apabila di lokasi kerja atau situs konstruksi terdapat lubang terbuka, seperti lubang gorong-gorong atau bekas pengeboran maka pekerja juga perlu mengamankan area tersebut. Bisa dengan membuat pagar pengamanan atau menutup lubang sementara.

7 ) Mengisi permit to work

Permit to work  perlu dilakukan untuk memastikan bahwasannya pekerjaan yang akan dilakukan telah aman. Work permit ini memiliki tujuan untuk menyatakan bahwa kondisi tempat dimana pekerjaan akan dilakukan sudah aman dan telah dilakukan identifikasi bahaya tahap awal serta tindakan-tindakan pencegahan yang dilakukan oleh pekerja serta peralatan pekerja yang meraka gunakan.

Baca juga : Jenis-Jenis Permit To Work Di Tempat Kerja

1 thought on “Penting! Cek Hal Berikut Sebelum Bekerja Pada Ketinggian”

  1. Pingback: Jenis-jenis permit to work

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp