Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Peluang Kerja sebagai Pekerja Berketerampilan Khusus

Peluang Kerja sebagai Pekerja Berketerampilan Khusus

Pekerja berketerampilan khusus atau “Specified Skill Workers” adalah pekerja asing yang memiliki keterampilan tertentu yang sesuai dengan kebutuhan sektor industri tertentu. Istilah SSW umumnya mengacu ke pekerja Indonesia diberangkatkan ke negara lain, dan konsep ini menjadi konteks program imigrasi yang memungkinkan orang Indonesia untuk bekerja di negara tersebut, umumnya Jepang.

Pekerja Berketerampilan Khusus untuk Penempatan di Jepang

Program pekerja berketerampilan khusus biasanya lebih banyak diberangkatkan dari negara-negara dengan jumlah penduduk yang besar dan tingkat pengangguran yang tinggi, yang kemudian memfasilitasi pengiriman pekerja ke negara tujuan yang membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan khusus. Beberapa negara, seperti Jepang perlu mengimpor pekerja terampil dari luar negeri untuk mengatasi kebutuhan tenaga kerja dalam sektor-sektor tersebut.

Mengutip Menteri Ketenagakerjaan Indonesia, Ida Fauziyah, Jepang memiliki aturan yang baik dalam melindungi tenaga kerja asing. Selain itu, budaya positif yang ada di Jepang bisa dijadikan teladan dan melatih soft skill tenaga kerja. Program ini juga bisa menjadi peluang yang baik bagi tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di Jepang.

baca juga: Tinjauan Manajemen dalam Sistem Manajemen Mutu

Sektor Industri untuk Pekerja Berketerampilan Khusus

Sektor industri ini menjadi penempatan utama untuk pekerja berketerampilan khusus. Alasannya adalah beberapa sektor ini mengalami kekurangan tenaga kerja terampil, terutama di Jepang.

Konstruksi

Banyak pekerja berketerampilan khusus dari Indonesia bekerja dalam sektor konstruksi sebagai tukang kayu, tukang batu, tukang pipa, atau pekerja konstruksi lainnya. Mereka terlibat dalam berbagai proyek konstruksi, seperti pembangunan gedung, jembatan, dan infrastruktur lainnya.

Perawatan Kesehatan

Sektor Industri Perawatan Kesehatan membutuhkan pekerja Indonesia sebagai asisten perawat atau perawat di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau panti jompo. Mereka membantu merawat pasien, terutama orang lanjut usia.

Manufaktur

Penempatan tenaga kerja juga ada pada sektor manufaktur. Terutama pada pabrik-pabrik yang membutuhkan pekerja untuk membantu proses produksi.

Pertanian

Sektor pertanian juga membutuhkan pekerja dengan keterampilan khusus dari Indonesia. Mereka membantu dalam kegiatan bertani hingga peternakan hewan.

Perhotelan dan Pariwisata

Beberapa pekerja juga bisa bekerja di sektor perhotelan, seperti hotel dan restoran, sebagai pelayan atau karyawan layanan pelanggan.

Pilihan pekerjaan para pekerja dari Indonesia akan sangat tergantung pada keterampilan dan pengalaman individu, serta permintaan dalam berbagai sektor industri di Jepang. Selain memberi kesempatan untuk pekerja Indonesia untuk mendapatkan pengalamam, ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja terampil di berbagai bidang. Pekerja asing, terutama dari Indonesia dengan keterampilan khusus memiliki peluang untuk bekerja di Jepang dalam berbagai peran dan bisa menjadi peluang yang baik.

baca juga: Menerapkan Prosedur K3 dan Manfaatnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp