Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 8509 001

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Tugas Inspektur scaffolder dalam pembangunan platform

Peran dan tugas inspektur scaffolder dalam pembangunan platform adalah melakukan inspeksi perihal kesiapan perangkat atau perancah serta alat berat yang akan digunakan dalam membangun platform.

Perusahaan yang menyiapkan atau menyewakan perangkat scaffolding biasanya memiliki tim yang akan mengerjakan dan memasang alat perancah di konstruksi bangunan.

Tugas inspektur scaffolding adalah menentukan atau membagi tugas untuk masing-masing anggota tim, tidak sampai disitu ia juga bertanggung jawab dalam proyek pembangunan platform dan memastikan semuanya dilakukan secara tepat.

Memastikan setiap perancah terpasang dengan kokoh, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan yang menyebabkan cedera dan memenuhi standar keselamatan pekerja. Dan berikut adalah tugas-tugas inspektur scaffolder.

Tugas Inspektur scaffolder dalam situs konstruksi

Inspektur scaffolding memastikan semua bagian pada platform terpasang dengan baik, dan 6 hal lainnya dibawah ini sebagai berikut:

  • Scaffolding dipasang dengan tepat, sesuai dengan jenis dan kebutuhan.
  • Membangun platform sesuai dengan standar dan spesifikasi yang dibutuhkan
  • Memastikan fondasi platform kokoh dan tidak terganggu apapun
  • Memastikan scaffolding mampu memangku bebang yang dibutuhkan
  • Scaffold dimaksudkan untuk tidak dibangun sedemikian dapat menyebabkan kerusakan atau cedera pada orang yang berada dekat dasar dari tiangnya, low head room dsb.
  • Sesuatu yang disangkutkan seperti: fan,loading bay, hoist, hoist tower & lifting tackle dll dipasang secara tepat dan memenuhi berbagai code yang relevan dengan peraturan, standard & spesifikasi dan dengan setiap persyaratan pemerintah setempat.

Inspeksi Awal

Scaffolding di inspeksi oleh Qualified Assesor atau inspektur scaffolder bertujuan untuk memeriksa kondisi. Ada label Hujau (scafftag) yang wajib dipasang sebagai tanda jika perancah atau scaffolding telah memenuhi kesesuaian standar, dan untuk scafftag berwarna merah yang artinya perancah tidak memenuhi standar.

Baca juga : Berikut adalah Manfaat Sertifikat Scaffolder dalam konstruksi

Inspeksi Harian

Inspeksi harian dilakukan secara berkala oleh inspektur yang mengecek scaffolding sebelum dan juga sesudah penggunaan untuk memastikan scaffolding/perancah sudah layak dan aman digunakan.

Inspeksi Mingguan

Inspeksi scaffolding juga dilakukan mingguan untuk memastikan penggunaan telah memenuhi sesuai ketentuan dan persyaratan, yang kemudian hasil inspeksi di tulis di scafftag yang kemudian ditempel di perancah.

Inspeksi Khusus

Inspeksi khusus dilakukan dalam kondisi tertentu apabila adanya perubahan pada perangkat perancah, seperti scaffolding dilakukan modifikasi, terjadi bencana alam yang berdampak pada stabilitas atau kekuatan scaffolding. Dan tujuan tertentu lainnya yang sifatnya memastikan kondisi scaffolding masih sesuai dengan standar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pelatihan Ahli K3 Umum Kemnaker PopupKlik gambar untuk informasi lebih lanjut

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp