Maxima

Logo MAXIMA Group-01
0811 9009 0901

WhatsApp Number

Powered by Langgeng Perkasa Group

South Jakarta

Our Office

Logo MAXIMA Group-01

Main menu

0811 9009 0901

WhatsApp Number

Perbedaan TKPK dan TKBT (bekerja pada Ketinggian)

Perbedaan TKPK dan TKBT – Sesuai dengan peraturan Menteri ketenagakerjaan Nomor 9 tahun 2016 tentang K3 Bekerja pada ketinggian telah mengatur tentang tata cara pembunaan dan pelatihan untuk pekerja pada ketinggian meliputi jenis pembinaan berdasarkan metode atau cara bekerja mulai dari fall arrest systems (perlindungan jatuh), akses tali dan akses struktur, pembinaan dalam bentuk kurikulum pelajaran, untuk semua tingkatan serta persyaratan pemberian sertifikat atau lisensi K3 pada ketinggian.

Bekerja pada struktur ketinggian seperti bangunan tinggi atau menara wajib melaksanakan sistem manajemen K3, yang juga didukung oleh peralatan yang sesuai standar, prosedur kerja, APD, dan teknik bekerja.

Dalam K3 ketinggian dikenal 2 istilah yakni TKPK dan TKBT, keduanya sama-sama bekerja pada ketinggian namun di kategorikan berbeda sesuai pelatihan dan kurikulumnya. Dan berikut ini adalah perbedaannya

Perbedaan TKPK dan TKBT

TKPK (Tenaga Kerja Pada Ketinggian)

TKPK adalah sebuah jenis pekerjaan ketinggian yang membutuhkan pergerakan vertikal pada sebuah bangunan contohnya tower, menggunakan akses tali baik dengan alas seperti gondola maupun tanpa alas. Training TKPK dibagi menjadi 3 tingkatan yakni TKPK tingkat I, TKPK tingkat II, dan TKPK tingkat III.

Contoh pekerjaan TKPK :

  • Tower climbing (Panjat tower)
  • High rise building maintenance (Perawatan gedung tinggi) dengan akses tali
  • Tree climbing (panjat pohon)
  • Semua pekerjaan TKBT
  • Dan lainnya

Baca juga : Wajib Diketahui! Istilah-istilah pada K3 Ketinggian

TKBT (Tenaga Kerja Bangunan Tinggi)

Masih bekerja pada struktur ketinggian, pelatihan TKBT fokus pada bangunan ketinggian dengan menggunakan gondola, scaffolding, dan platform lainnya. Perbedaan pelatihan TKPK dan TKBT pada akses vertikalnya, bila TKBT menggunakan platform sedangkan TKPK hanya menggunakan tali (bergelantungan pada tali)

Pelatihan TKBT dibagi menjadi 2, yakni TKBT 1 dan TKBT 2. Adapun kebutuhan pelatihan TKBT diperuntukan untuk pekerjaan-pekerjaan sebagai berikut :

  • Pembersih gedung tinggi menggunakan gondola
  • Pengerjaan konstruksi bangunan menggunakan perancah
  • Instalasi barang seperti AC, tower komunikasi dan lainnya pada gedung tinggi yang tidak dapat diakses langsung, harus menggunakan tangga atau perancah.
  • Dan lain-lain.

Dan berikut adalah perbedaan antara TKPK dan TKBT, keduanya bekerja pada ketinggian dengan akses vertikal yang berbeda, TKBT menggunakan platform seperti gondola sedangkan TKPK menggunakan akses tali (bergelantungan pada tali)

2 thoughts on “Perbedaan TKPK dan TKBT (bekerja pada Ketinggian)”

  1. Pingback: Peralatan untuk latihan TKBT

  2. Pingback: Peluang Karir Tenaga Kerja pada Ketinggian di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

maximagroup.co.id webinar pra pelatihan ak3uKlik pada gambar untuk Pendaftaran Webinar

This will close in 20 seconds

Open chat
Diskusi dengan kami
Diskusi langsung dengan kami via Chat Whatsapp